Merancang Manajemen Bandwidth Menggunakan Mikrotik RouterBOARD 750 (Part 1)


Berikut ini adalah contoh penulisan tugas akhir di bab 1, semoga bisa dijadikan sumber referensi bagi kawan-kawan yang ingin belajar membuat Tugas Akhir, Good Luck :-)

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.      Latar Belakang Masalah
Kebutuhan akan akses Internet di era globalisasi ini sangatlah penting terutama dalam dunia pendidikan.  Lembaga Pendidikan Komputer (LPK) Starcom Pringsewu merupakan salah satu pusat lembaga pendidikan komputer yang ada di Kabupaten Pringsewu.  Sebuah tempat yang menjadi pusat pendidikan bagi siswa maupun mahasiswa yang ada di Kabupaten Pringsewu untuk melakukan Praktik Industri (PI).  LPK Starcom Pringsewu ini terbagi menjadi beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut antara lain: Administrator, Bengkel Komputer dan Laboratorium Komputer.  LPK Starcom Pringsewu terletak di jalan Palapa No. 231 Pringsewu Selatan, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu.
Setiap bagian pada LPK Starcom Pringsewu mempunyai komputer yang berguna untuk menyelesaikan setiap pekerjaan di masing-masing bagian kantor.  Jumlah komputer keseluruhan ada 13 unit yang terbagi di setiap bagian kantor di LPK Starcom Pringsewu.  Dari mulai bagian Administrator memiliki 1 unit komputer, Bengkel Komputer 6 unit, dan Laboratorium Komputer 6 unit.  Dari keseluruhan jumlah unit komputer di masing-masing bagian kantor di LPK Starcom Pringsewu semuanya terkoneksi internet.  Hal itu disebabkan banyak tugas atau pekerjaan di setiap bagian kantor di LPK Starcom Pringsewu yang membutuhkan internet, terutama bagian Administrator yang mengurus upload materi-materi PI maupun download software untuk keperluan mengajar siswa maupun mahasiswa.
LPK Starcom Pringsewu memiliki alokasi bandwidth sekitar 1 Mb, namun besar bandwidth yang akan diberikan ke masing-masing bagian pun berbeda-beda tergantung kebutuhan koneksi internet di masing-masing bagian kantor.  Penggunaan internet di LPK Starcom Pringsewu sangatlah penting sebagai salah satu sarana penunjang kegiatan pekerjaan dan pembelajaran, terutama materi tentang jaringan komputer.  Tugas atau pekerjaan di masing-masing bagian kantor tidaklah sama, terutama pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet, untuk itu agar memaksimalkan koneksi internet sesuai dengan kebutuhan di setiap bagian kantor tersebut perlu adanya manajemen bandwidth untuk membagi besarnya bandwidth yang dibutuhkan masing-masing bagian kantor di LPK Starcom Pringsewu.

Dari uraian di atas penulis bermaksud merancang manajemen bandwidth menggunakan Mikrotik Routerboard 750 yang berfungsi untuk membagi bandwidth yang dibutuhkan masing–masing bagian kantor di LPK Starcom Pringsewu agar dapat memaksimalkan penggunaan internet guna meningkatkan kualitas pelayanan internet.

1.2.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalahnya: bagaimana membangun router dengan sistem operasi Mikrotik, cara mengkonfigurasi manajemen bandwidth dengan Mikrotik Routerboard 750 agar memaksimalkan penggunaan internet untuk setiap komputer dan membagi alokasi bandwidth sebesar 1 Mb untuk 13 komputer yang ada di LPK Starcom Pringsewu.
1.3.      Batasan Masalah
Batasan masalah yang dibahas dalam perancangan manajemen bandwidth menggunakan Mikrotik Routerboard 750 dibuat agar tidak menyimpang dari pembahasan yang ada adalah sebagai berikut:
1.      Batasan masalah tentang bagaimana instalasi router dengan Mikrotik Routerboard 750.
2.      Metode manajemen bandwidth  control yang digunakan adalah Simple Queue dengan pembagian bandwidth untuk komputer admin 128 Kbps dan untuk komputer client sebesar 64 Kbps.
3.      Konfigurasi dan manajemen bandwidth dengan menggunakan Mikrotik Routerboard 750.
1.4.      Tujuan Penelitian
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah: terwujudnya Mikrotik Routerboard 750 yang dapat memanajemen bandwidth yang ada agar bandwidth dapat digunakan dengan maksimal dan sesuai dengan kebutuhan bandwidth di setiap bagian kantor di LPK Starcom Pringsewu.
 1.5.      Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah:
a.       Semua bagian kantor di LPK Starcom Pringsewu dapat menggunakan internet dengan lancar dan stabil dalam waktu yang bersamaan.
b.      Semua bagian kantor di LPK Starcom Pringsewu mendapatkan bandwidth sesuai dengan kebutuhan koneksi internet guna menyelesaikan pekerjaan pada masing-masing bagian kantor.
c.       Membantu admin dalam mengontrol bandwidth yang ada di LPK Starcom Pringsewu.
d.      Memberikan pemikiran baru dalam memperluas dan menambah ilmu pengetahuan di bidang komputer khususnya pada Teknik Jaringan.
e.      Menambah khasanah kepustakaan tentang keandalan manajemen bandwidth pada suatu jaringan sistem komputer dan dapat dijadikan referensi bagi Mahasiswa.
1.6.      Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang akan dibahas adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN: 
Bab ini membahas tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II            LANDASAN TEORI: 
Pada bab ini menjelaskan tentang pengertian jaringan komputer, jenis-jenis jaringan komputer, perangkat jaringan komputer, topologi jaringan komputer, sistem operasi, firewall, Bandwidth, aplikasi untuk membuat simulasi jaringan.

BAB III METODE PENELITIAN:
Bab ini menjelaskan tentang jenis penelitian, tempat dan waktu penelitian, teknik pengumpulan data, dan rancangan penelitian serta gambaran umum lokasi penelitian.

BAB IV PEMBAHASAN:
Bab ini berisi penjelasan tentang hasil Perancangan Manajemen Bandwith menggunakan Mikrotik Routerboard 750.   

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN:
Bab ini berisi garis besar dari hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk kesimpulan, dan demi sempurnanya penelitian ini diharapkan saran dan kritik.

No comments

Lucky Dwi Haryadi. Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Facebook

Comments

Recent

Navigation

Sponsor